SALATIGA-Sebanyak 27 mahasiswa termasuk dua mahasiswa penyandang difabel di Institut Agama Islam Negeri Salatiga dari berbagai program studi menerima beasiswa dari BRI. Pembagian beasiswa Indonesia Cerdas tersebut diadakan di Ruang Rapat Utama Kampus III IAIN Salatiga pada Senin (17/02/2019) oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Salatiga, Dr. Sidqon Maesur, Lc., M.A. serta Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Salatiga, Drs. Jumadi.

Dr. Sidqon mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk menambah beasiswa yang dapat digunakan oleh mahasiswa IAIN Salatiga, “Sekarang ini sudah ada cukup banyak beasiswa yang ada di sini (IAIN Salatiga), mulai dari Bidikmisi (KIP Mahasiswa), Baznas, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Tahfidz, dan lain sebagainya. Tetapi kita akan terus berupaya memperbanyak beasiswa sehingga mahasiswa yang membutuhkan bisa terbantu.”

Selanjutnya Wakil Rektor III juga berpesan kepada para mahasiswa penerima Beasiswa Indonesia Cerdas untuk mensyukuri nikmat Allah berupa beasiswa itu dan menggunakannya dengan baik. “Beasiswa yang sudah didapat hendaknya digunakan dengan sebaik-baiknya, jangan sampai habis dengan sia-sia,” ujarnya.

Lebih jauh, Dr. Sidqon meminta mahasiswa untuk waspada terhadap adanya aplikasi pinjaman online, “Sekarang sedang marak aplikasi pinjaman online, yang seperti itu tidak usah dicoba karena akan merugikan diri sendiri. Yang perlu Anda lakukan adalah belajar dan berperilaku yang baik, pertahankan citra baik IAIN Salatiga dan jaga sikap moderasi beragama.”

Pada kesempatan tersebut, Dr. Sidqon juga menjelaskan bahwa penggunaan Kartu Indonesia Pintar (KIP) bisa diteruskan di jenjang kuliah, dan untuk tahun akademik mendatang beasiswa Bidikmisi akan diganti dengan penggunaan KIP Mahasiswa.

Sebelumnya, pada Jumat (24/1/2020) perwakilan BRI Kantor Cabang Salatiga datang untuk menyerahkan beasiswa secara simbolis di lobi gedung KH. Hasyim Asy’ari Kampus III IAIN Salatiga. Dalam acara penyerahan itu hadir Rektor IAIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin, M.Ag, Wakil Rektor bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Dr. Agus Waluyo, M.Ag, Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan, Drs. Khaeroni, M.Si, dan Pimpinan BRI Kantor Cabang Salatiga, Tasurun.

Tasurun berharap beasiswa itu dapat membantu mahasiswa untuk meraih mimpi setinggi-tingginya. “Jangan takut bermimpi. Mimpi yang tinggi, selama kita yakin pasti ada jalan untuk meraih mimpi-mimpi itu,” katanya di hadapan perwakilan mahasiswa. Salah seorang penerima mahasiswa Indonesia Cerdas, Siti Fatimah menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Ia berharap penerima beasiswa dapat mengemban tanggung jawab yang telah diberikan dan menggunakan dana yang diberikan dengan baik. Program Indonesia Cerdas diberikan kepada mahasiswa miskin berprestasi dan penyandang difabel, masing-masing mahasiswa mendapatkan total bantuan sebanyak Rp 5juta.

MAHASISWA IAIN SALATIGA TERIMA BEASISWA INDONESIA CERDAS DARI BRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *